Perbedaan JNE, POS, dan TIKI
1.
JNE
JNE merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang
pengiriman dan logistik yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Nama resminya
adalah Tiki Jalur Nugraha Ekakurir dan menjadi salah satu perusahaan kurir terbesar
di Indonesia.
Visi:
Menjadi
perusahaan dengan standar Internasional dibidang jasa distribusi yang mampu
melayani kebutuhan segenap lapisan masyarakat dan dapat diterima menjadi tuan
rumah di negeri sendiri.
Misi:
·
Memadukan
jasa pengiriman, kepabeanan, pergudangan, pendistribusian dalam satu sistem
yang terintegrasi secara efektif dan fleksibel.
·
Mendayagunakan
jaringan dan infrastruktur yang dimiliki sebagai kontribusi pada proses
perputaran roda ekonomi dengan didukung SDM yang professional dan memiliki
itegritas moral yang tinggi.
·
Memanfaatkan
perkembangan teknologi informasi secara tepat guna.
·
Mendorong
pertumbuhan usaha yang berkeseinambungan dalam rangka mencapai kesejahteraan
karyawan dan senantiasa meningkatkan tanggung jawab sosial.
2. PT POS INDONESIA
Visi:
PT
POS INDONESIA senantiasa berupaya untuk menjadi penyedia sarana komunikasi
kelas dunia yang peduli terhadap lingkungan yang dikelola oleh SDM yang
profesional sehingga mampu memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat
serta tumbuh dan berkembang sesuai konsep bisnis yang sehat.
Misi
:
a. PT POS INDONESIA penyedia sarana
komunikasi yang andal dan terpercaya bagi masyarakat dan pemerintah yang
berguna untuk menunjang pembangunan Nasional serta memperkuat persatuan dan
kesatuan bangsa dan negara.
b. PT POS INDONESIA mengembangkan usaha
bertumpu pada peningkatan mutu pelayanan melalui penarapan IPTEK tepat guna
untuk mencapai kepuasan pelanggan serta memberi nilai tambah yang optimal untuk
karyawan, pemegang saham, masyarakat, dan mitra kerja.
Kelebihan:
Pos Indonesia lebih terpercaya dibandingkan produk yang
serupa yang memberikan layanan seperti yang dapat diberikan oleh Pos Indonesia
karena Pos Indonesia selalu menginginkan kepuasan yang dapat diterima oleh
konsumennya yaitu agar masyarakat dapat puas menggunakan produknya. Pos
Indonesai sudah dapat diakses dalam bentuk online yaitu mulai tahun 2010 Pos
Indonesia meluncurkan produk terbarunya yaitu dengan menciptakan produk online
sehingga dimanapun kita berada bahkan tidak di batasi oleh waktu sehingga dapat
mengaksesnya kapanpun dan dimanapun kita berada. Tarif yang diberikan oleh
Pos Indonesia jauh lebih terrjangkau dibandingkan dengan produk serupa yang
berjender produk luar negri seperti Fedex, DHL.
Kekurangan:
Pos Indonesia masih kurang terkernal dibandingkan dengan
jasa pengiriman yang memang sudah sering dipergunakn oleh orang banyak, karena
masyarakat hanya mengetahui bahwa Pos Indonesia hanya dapat melayani jasa pengiriman
surat saja. Pos Indonesia baru pada tahun ini mengeluarkan jasa pelayanan
online, karena produk jasa pengiriman yang lain telah sejak lama meluncurkan
jasa online. Diatas telah kita ketahui beberapa keunggulan dan kelemahan
Pos Indonesia sehingga kita dapat mengetahui kinerja Pos Indonesia.
3.
TIKI
PT. Citra Van Titipan kilat (TIKI) mengawali bisnisnya tahun
1970 di Jakarta. Berbekal pengalaman itu mereka mendapatkan guru terbaik untuk
terus berkomitmen dan meningkatkan kualitas layanan bagi konsumen. Di tunjang
dengan jaringan yang tersebar luas di Indonesia dengan lebih dari 500 kantor
perwakilan TIKI di seluruh pelosok nusantara sebagai bukti nyata bahwa TIKI
terus berupaya memberikan yang terbaik kepada konsumen.
Team tiki juga menjelajahi ke penjuru dunia, semuanya dengan
kualitas prima dan harga bersaing. Sektor penjualan juga mendorongdan
memberikan kemudahan kepada konsumen secara penuh 24 jam untuk melakukan
melakukan pengiriman di 5 titik sales counter dengan layanan drive thru. Sistem
kerja yang modern dengan teknologi komputer memudahkan untuk memonitor mulai
dari awal pengiriman, tracking hingga status penerima, semuanya berlangsung
sangat mudah, aman dan nyaman.
Team yang ramah, terampil dan professional siap melayani
apapun kebutuhan konsumen dengan baik dan sempurna. Sebagai perintis usaha
& pionir yang sangat berpengalaman di bidangnya, TIKI selalu berupaya
mengerti dan melayani sepenuh hati dengan mewujudkan harapan pelanggan akan
keamanan, fasilitas, efektifitas, efisiensi dan tanggung jawab dalam menangani
setiap pengiriman.
Upaya peningkatan kualitas layanan selalu menjadi fokus utama
TIKI dalam menjamin kepercayaan pelanggan yang didukung oleh ribuan personil
terlatih dan armada transportasi yang tersebar diberbagai titik nusantara dan
internasional.
Visi:
untuk menjadi mitra jasa Titipan Kilat yang profesional dan terkemuka di dunia terwujud berkat berbagai varian produk dan layanan yang dapat dipilih dan dinikmati dengan leluasa
untuk menjadi mitra jasa Titipan Kilat yang profesional dan terkemuka di dunia terwujud berkat berbagai varian produk dan layanan yang dapat dipilih dan dinikmati dengan leluasa
Misi
:
Membangun
usaha jasa pengiriman yang profesional dengan mengedepankan pelayanan pada pelanggan.
Keunggulan :
1. Hemat, karena tarif yang sangat
kompetitif dan fleksible.
2. Aman, karena reputasinya yang telah
dikenal selama 30 tahun.
3. Pasti, karena memberikan pelayanan
yang bergaransi
4. Cepat, karena memiliki pelayanan
yang bervariasi, pengiriman ONS atau REGULER.
5. Mudah, karena TIKI memiliki lebih
dari 250 cabang di kota-kota besar seluruh Indonesia.
6. Lacak, pengiriman anda dapat dilacak.
7. Sumber Daya Manusia. Dengan adanya
pengembangan SDM di TIKI, maka kami dapat lebih baik melayani anda.
8. Penjemputan, sangat praktis dan
ekonomis. Anda cukup angkat telepon, semua barang yang akan Anda kirim akan
kami jemput tanpa biaya tambahan.
9. Kemudahan Pembayaran
Kekurangan:
Dibidang pelayanan terhadap customer yang dinilai kurang
ramah sehingga membuat customer merasa segan dan cenderung dapat mengurangi
konsumen.
Jasa kurir pengiriman barang dan dokumen Indonesia
yang paling sering digunakan masyarakat. Yaitu :
1. Customer
service
Customer service JNE
paling gampang dihubungi dan sangat responsif, sopan ramah dan cekatan. Pos
indonesia diurutan kedua, customer servicenya sopan dan juga responsif namun
agak lama ketika menuggu hasil tracking atau status pengiriman. Tiki yang
paling buruk, Hotlinenya sulit dihubungi, untuk mengetahui status pengiriman
juga lamban.
2. Tarif
Untuk tarif Pos
indonesia yang termurah, tarif dokumen dan parcell jauh lebih murah dibanding
tiki dan jne, sementara Tiki diurutan berikutnya, JNE masih yang paling mahal
walaupun hanya sedikit perbedaan dengan Tiki.
3. Service
Area
Untuk jasa pengiriman
keseluruh indonesia, cuma Pos indonesia yang mampu menjangkau sampai pelosok
negeri, urutan selanjutnya Tiki, area yang dijangkau cukup besar dan dalam,
yang terburuk JNE, mereka hanya menjangkau area-area besar, dan umumnya untuk
area pedalaman tidak akan pernah bisa dikirim. Untuk jalur internasional masih
Pos indonesia yang paling mumpuni, mereka ada cooperation dengan EMS, cepat dan
termurah, sementara Tiki masih melempar service Internasional kepada FED-EX,
itupun tidak menjamin kalau mereka akan menggunakan layanan dan tarif Priority
fedex walaupun pengirim telah membayar dengan tarif Priority
4. Service
Kilat
Di pos ada Paket pos
kilat khusus, di Tiki ada ss dan ons(One day service) dan di Jne ada ss dan
Yes. untuk layanan ini Yes(Yakin esok sampai) dari Jne yang paling baik, karena
mereka menjanjikan garansi uang kembali bila barang tidak diterima dalam waktu
1x 24 jam, sementara Paket pos kilat khusus memiliki kecepatan yang baik
setelah Yes Jne, kekurangan pos kilat khusus hanyalah sering kali mengcancel
tujuan alamat yang sedang kosong atau ditinggal pergi, padahal seharusnya
mereka bisa menghubungi si penerima bila hal itu terjadi.
5. Keseluruhan
layanan pengiriman paket / parcel
Keseluruhan JNE unggul
sedikit dari Pos Indonesia, disamping begitu mudahnya mencari cabang-cabang JNE
diseluruh daerah, dengan tarif sedikit lebih mahal, terbayar dengan fasilitas
dan layanan yg ada, sementara Tiki sangat jauh di bawah, soal pelayanan pun
sangat disayangkan, beberapa kali cabang-cabang Tiki memiliki masalah dengan
timbangan dan ukuran, sementara Pos Indonesia masih terdepan untuk pengiriman
pelosok daerah dan jalur internasional, namun tarif lokal dicabang daerah
sering kali berbeda-beda hingga sering membingungkan, selain itu service
pengiriman juga sering kembali hanya karena alamat yg dituju kosong/tak
berpenghuni, padahal alamat yg dituju berpenghuni dan sedang ditinggal pergi.